Rute & Tips Backpacker Naik Kereta Api Dari Jakarta Ke Banyuwangi

Bagi para traveler yang punya kantong tebal tentunya bukan masalah mengunjungi Banyuwangi karena sudah ada penerbangan direct dari Jakarta ke Banyuwangi. Namun bagi para backpacker irit seperti saya dan mungkin kalian yang baca tulisan ini tentu harus putar otak cari cara murah menuju Banyuwangi. Maka dari itu saya ingin berbagi informasi mengenai pilihan Kereta Api Dari Jakarta Ke Banyuwangi.

Yap, naik Kereta ekonomi adalah jawabannya. Berterima kasihlah saya pada PT.KAI karena sekarang kereta Ekonomi lebih manusiawi, walaupun bangku tegaknya belum manusiawi, setidaknya kami para backpacker irit ini bisa menjelajah pulau Jawa dengan ongkos murah meriah dan aman. Nah balik ke bahasan judul, ada 3 alternatif naik Kereta Api Dari Jakarta Ke Banyuwangi. Namun semuanya harus transit dahulu, baik di Surabaya, maupunYogyakarta, karena tidak ada Kereta langsung dari Jakarta ke Banyuwangi.

DSC04824

Via Surabaya Jalur Utara
  • Pilihan Kereta Jakarta – Surabaya (Pasar Turi) :

KA Kertajaya, berangkat Pasar Senen pukul 14:00 , tiba Surabaya Pasar Turi pukul 01:45 (+1day) tarif  Rp.245.000

  • Pilihan Kereta Surabaya (Pasar Turi) – Banyuwangi Baru

Tidak adakelas ekonomi , hanya ada Mutiara Timur kelas bisnis. Maka dari itu kamu harus naik ojek oline dahulu dari Stasiun Pasar Turi ke Stasiun Gubeng (lanjut naik KA Probowangi *lihat penjelasan di bawah) karena KA Matarmaja tiba di dinihari. Tenang saja ojek online di Surabaya sudah 24 jam kok, dan dijamin aman.

  • Plus : Jarak tempuh dan waktu tempuh via jalur utara lebih dekat, sekitar 11 jam. Jadi kamu tidak terlalu capek duduk tegak di bangku kereta ekonomi
  • Minus : KA Kertajaya sudah tidak disubsidi sehingga tarifnya di atas 200ribu. Selain itu kamu harus keluar ongkos ojek online lagi dari Stasiun Pasar Turi ke Stasiun Gubeng.
Via Surabaya Jalur Selatan
  • Pilihan Kereta Jakarta – Surabaya (Gubeng) :

KA Gaya Baru Malam Selatan, berangkat Pasar Senen pukul 10:15, tiba di Surabaya (Gubeng) pukul 01:35 (+1day), tarif Rp. 104.000

  • Pilihan Kereta Surabaya (Pasar Turi) – Banyuwangi Baru

KA Probowangi : berangkat  Surabaya (Gubeng) pukul 04:25 , tiba di Banyuwangi Baru pukul 11:40, tarif Rp. 56.000

Plus : Kalau kamu bisa mendapat tiket KA GBMS (subsidi) maka dijamin ongkos kamu ke Banyuwangi adalah yang termurah. Kamu tidak perlu transit lagi jika naik kereta tujuan Surabaya (Gubeng). Cukup santai-santai dulu di luar stasiun, biasanya saya makan di warung Pojok Gubeng yang 24 jam sambil mengunggu pemberangkatan KA Probowangi.

Minus : Karena jalur selatan lebih memutar dan jauh maka waktu tempuh Jakarta – Surabaya menjadi 14 jam. Selain itu karena KA GBMS kereta subsidi, maka tiketnya cepat habis/harus booking dari jauhari. Alternatif KA Ekonomi lainnya ada KA Jayabaya namun tarifnya hampir 2 kali lipat.

Via Yogyakarta

Pilihan Kereta Jakarta – Yogyakarta (Lempuyanngan) :

KA Progo : berangkat Pasar Senen pukul 22:30, tiba di Lempuyangan pukul 06:38 (+1day), tarif Rp. 150.000

Pilihan Kereta Yogyakarta (Lempuyangan) – Banyuwangi Baru

KA Sri Tanjung : berangkat  Yogyakarta (Lempuyangan) pukul 07:00 , tiba di Banyuwangi Baru pukul 20:40, tarif Rp. 94.000

Plus : Bagi kamu yang kerja kantoran di Jakarta, naik kereta malam hari dari Jakarta akan lebih efisien dari segi pengambilan cuti yang diambil.

Minus : Selisih jarak waktu transit untuk pindah kereta di Satsiun Lempuyangan sangat tipis, sekitar 20 menit, sangat beresiko jika kereta telat datang, kecuali kamu mau mampir dulu jalan-jalan di Jogja baru lanjut ke Banyuwangi esok harinya. Kemudian, sampai di Banyuwangi sudah malam jadi kamu tidak bisa langung berwisata di Banyuwangi atau lanjut perjalanan ke Bali, kecuali kamu ingin langsung ke Kawah Ijen dengan rental motor.

“Lalu bagaimana dengan pilihan pulang naik kereta dari Banyuwangi ke Jakarta ???”

Via Malang

Yap, ini jadi pilhan paling efisien dari segi waktu dan biaya karena kalau via Surabaya jadwal KA Probowangi ke Surabaya lalu lanjut KA Kertajaya/ KA GBMS, maupun naik KA Sritanjung ke Lempuyangan lalu lanjut KA ke Jakara tidak ada yang pas. Kecuali dari Banyuwangi ke Surabaya naik bis. Maka dari itu saya menyarankan via Malang, karena sudah 2 kali mempratekannya, caranya :

  • Pilihan Kereta Banyuwangi Baru – Malang :

KA Tawang Alun, berangkat  Banyuwangi Baru pukul 05:00 , tiba di Malang pukul 12:35, tarif Rp. 62.000

  • Pilihan Kereta Malang – Jakarta : 

KA Matarmaja : berangkat  Malang pukul 17:30 , tiba di Jakarta (Pasar Senen) pukul 09:20 (+1day), tarif Rp. 109.000

Plus :  Biayanya termurah dan paling efisien dari segi waktu.

Minus : Waktu transit di Malang lumayan lama (5 jam), kamu bisa rental motor dulu di dekat stasiun Malang jika ingin wisata kota Malang (titip saja tas keril di rental motor). Bisa juga duduk-duduk santai di taman depan stasiun atau main ke Kampung Warna-Warni Jodipan / Kampung Tridi, bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Stasiun Banyuwangi Baru
Ujung rel di Stasiun Banyuwangi Baru Yang merupakan stasiun paling timur di Pulau Jawa

Tips tambahan :

  • Bagi yang ingin langsung menuju Bali turunlah di Stasiun Banyuwangi Baru, lalu berjalan kaki sekitar 500 M menuju pelabuhan Ketapang.
  • Bagi yang ingin explore Banyuwangi dengan rental motor, maka turun di stasiun Karangasem. Didepan stasiun Karangasem terdapat rumah singgah dan beberapa rental motor.

Itu dia rute dan tips naik Kereta Api Dari Jakarta Ke Banyuwangi. Semoga bermanfaat dan selamat bertualang naik Kereta Api !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *