Sekilas Tentang Aktuaria UI

Hmmm gak terasa sebentar sebentar lagi lulus dari jurusan ini, pengalaman 3 tahun yang penuh suka duka sayang kalo gak di share. Apalagi sekarang lagi musim nyari kampus ya, termasuk saya yg lagi nyari kampus buat ekstensi. Jadi kepikiran buat ngepost ini,  untuk sekedar berbagi informasi, mungkin ada calon maba UI yang berminat masuk jurusan ini atau cuma yang sekedar blog walking, semoga bermanfaat ^^. Maaf ya kalo bahasanya sedikit acak-adul.

Sekilas tentang Aktuaria

Kalo tentang Administrasi Asuransinya pasti udah taulah, gausah dijelasin lagi. Tapi apa itu Aktuaria? Kalo menurut definisi saya, Aktuaria itu cabang ilmu matematika yang didalamnya menggabungkan ilmu statistik dan ekonomi sebagai bahan dasar untuk menghitung suatu nilai dimasa depan yang belum pasti. Apa hubungannya sama asuransi? Di dunia asuransi, bisnis utamanya adalah pengalihan risiko dari individu/instansi, nah risiko tersebut belum pasti kapan terjadi dan berapa besarnya sehingga harus dihitung dengan tepat agar risiko tersebut bisa dicover, dalam prakteknya dengan pembayaran premi.

Jadi, aktuaris itu (orang yang berprofesi di bidang aktuaria) kerjanya cuma ngitung premi aja ?, Tidak juga, karena seorang aktuaris mempunya tanggung jawab lain misalnya menghitung cadangan premi, iuran pensiun dll kalo mau tau lebih lengkap tentang aktuaria tanya mbah  google aja yaa Photobucket

Prospek Kerja

Kerjanya cuma bisa di Asuransi aja dong? Untuk ini saya akui memang sebagian besar kerjanya di dunia asuransi, tapi dunia asuransi itu luas lho, selain kerja di Perusahaan Asuransi Jiwa dan Umum, bisa kerja di Konsultan Aktuaria, Dana Pensiun, Loss Adjuster, Broker, Agent dan tidak menutup kemungkinan di segala jenis perusahaan, karena setiap perusahaan butuh proteksi asuransi dan perhitungan pension untuk pekerjanya. Bagi yang gak suka kerja di asuransi, mungkin bisa kerja di bidang administrasi, manajemen resiko, financial planner yaa gajauh dari dunia ekonomilah.

Dan yang paling menggembirakan adalah lulusan dari jurusan ini banyak dicari, ga ada cerita tuh senior pada nganggur abis lulus, karena di Indonesia lembaga pendidikan yang ada jurusan asuransinya setau saya ada di di STAN, IBS Trisakti. STIMRA sedangkan perusahaan asuransi dkk ada ratusan. Kebayangkan betapa dibutuhkannya kita. FYI seorang aktuaris yang udah punya gelar profesi FSAI gajinya bisa 50jt – 100jt. Dan yang bukan aktuaris pun gede juga, ini mungkin faktor pertumbuhan asuransi Indonesia yang lagi bagus. Nanti kita bahas lebih lanjut tentang gelar profesi.

Cara masuk jurusan ini

Untuk tahun ajaran 2012/2013 sepertinya masih lewat simak UI. Kalo saya dulu masuknya lewat jalur Uber UI-PNJ, sejujurnya saya milih jurusan ini pake cap cip cup,hahaha saya dulu juga gak ngerti ini jurusan apa, yang saya tau berhubungan sama asuransi. Temen sebangku saya waktu SMA udah masuk duluan lewat Simak, kata ayahnya jurusan ini bagus. Alhasil saya ikutin aja dan dengan keyakinan teori saya “daya tampung paling sedikit pasti yang milih dikit”.hehehe jeng jeng akhirnya keterimaPhotobucket.

Kalo untuk daya tampung sama biaya silahkan cek disini

Sekedar info untuk angkatan saya tahun 2009 masuknya sekitar 5,5 juta terus semesteran 6 jt dan itu sistem paket, jadi mau berapapun sks yang lo ambil (min/max) ya tetep 6 juta. Jadi rajin-rajin ya kuliahnya jangan sampe ngulang di SP, kasian orangtua, mahal bo PhotobucketSPnya per sks 300rb itu jaman saya, gatau yang tahun ini.

Oh iya jurusan ini bisa untuk anak IPA dan IPS, buat yang dari IPS nanti jangan kaget ya, soalnya banyak mata kuliah hitungan. Tapi jangan takut juga, soalnya banyak temen saya yang dari IPS dan mereka kompetitif kok,

Kehidupan Perkuliahan

Hampir 50% nya itungan, jadi yang mau masuk sini siap-siap kalkulator scientific itu gadget wajib kita.hehehe

Belajarnya susah ga, soalnya banyak itungan? Susah itu kalo kita males, berdasarkan kesimpulan dari pengalaman gue, yang pertama itu kita harus rajin, rajin bukan dalam arti belajar tiap malemPhotobucket, rajin ngerjain soal gak gitu juga. Yang penting kita rajin masuk. Selalu ngerjain tugas, intinya always follow the rule.

Kalo bicara soal dosennya, gausah diragukan kualitasnya. Dosen tetapnya pinter-pinter, dosen praktisinya jago-jago bahkan beberapa dari mereka ada yang menjabat sebagai direktur, jadi gausah diragukan pengalamannya.

Namun karena beberapa mata kuliah diajar dosen praktisi yang notabene pas siang harus kerja, jadi jangan heran kalo ada kuliah yang dilaksanakan malem. Siap-siap denger cerita hantu UI.Photobuckethiiii

Lanjut Ektensi S-1

Terus bagaimana untuk yang mau lanjut Ekstensi? Tentu saja bisa, UI masih membuka program ekstensi kok, kalo untuk jurusan ini kita bisa ektensi ke S1 FISIP Adm.niaga atau Adm.negara selama 2 tahun. Kalo mau gelar SE bisa ke Ektensi Manajemen FE, tapi kuliahnya jadi lebih lama sekitar 2,5 tahun karena mata kuliah yang bisa dimnatrikulasi lebih sedikit. Tapi sayangnya Ekstensi UI ini menurut saya mahal, kata senior saya yg beda 1 tahun masuknya sekitar 17an jt dengan uang semester 7,5 jt.hiks  Tapi enaknya ekstensi UI, buat yg dari lulusan vokasi UI lebih diutamakan dan memang sayang kan kalo D3nya UI masa S1nya engga. Inilah dilema yg lagi saya alami Photobucket*curcol

Kalo untuk swasta, program ektensi yang masih sesuai dengan jurusan ini ada di IBS Trisakti, Stimra, Perbanas ada yang tau apalagi? Soalnya saya juga lagi nyari-nyari hehe. Biaya di swasta juga mahal, yg saya tau baru di Trisakti sih, semesterannya 8 jt tapi gak pake uang masuk. Nanti kalo ada info baru di update deh

Saran saya sih, kalo memang inginnya sampe S1 dan gak suka-suka amat sama Ilmu Asuransi dan Aktuaria, mending langsung S1 paralel aja deh, lebih hemat uang & waktu.

Gelar Profesi

Buat yang nanti mungkin gak mau nerus ekstensi aka Cuma D3 aja, it doesn’t matter karena di dunia asuransi tuh sangat dibutuhkan orang yang sudah punya gelar profesi asuransi. Kasarnya gelar profesi menentukan gaji, Bukan gelar sarjana dari universitas ternama.

Secara umum gelar profesi bidang Asuransi dibagi 4 :

Aktuaris Indonesia : ASAI > FSAI

Ahli Manajemen Asuransi Umum > AAAIK > AAIK

Ahli Manajemen Asuransi Jiwa  > AAAJI > AAJI

Ahli Asuransi Kesehatan > AAAKI

Nah saran saya, jika kalian masuk jurusan ini ikutilah ujian profesi ini karena untuk mahasiswa dapet diskon pendaftaran. Bukan itu aja, sebagian besar mata ujian itu adalah mata kuliah kita walaupun yg diujian profesi lebih expert pastinya, yaaa jadi setali tiga uang lah, kuliah lulus, ujian profesi lulus.

Fasilitas

Tempat kuliahnya sekarang di gedung vokasi letaknya agak tersembunyi gak keliatan dari jalan utama UI. Tepatnya ada di belakang Gymnasium UI, kalo yang tau kukel ya deket situlah, walaupun tersembunyi tapi dalemnya luas dan cukup modern dibandingkan gedung kuliah UI lainnya yang sudah cukup tua. Sekedar cerita, di masa saya kuliah sempet ngalamin pindah gedung. Semester 1-4 di ged. G FISIP ( dulu masih dibawah naungan FISIP) karena sudah berdiri sendiri dan bergabung dengan jurusan vokasi lainnya (yang dari FE, FK Salemba, FIB) jadi dibangun gedung baru, sekarang batu ada 2 gedung, rencananya mau ada 6 gedung, sesuai rencana vokasi yang katanya mau jadi UI College. Mungkin karena alasan itulah vokasi itu disebutnya bukan “fakultas vokasi”, melainkan  “program vokasi. Jaman saya pindah, gedung vokasi masih gersang banget dan berdebu terus belum ada kantin, kalo sekarang udah mulai rapi, ada kantin, sudah lebih hijau walau masih terasa gersang dibanding fakultas lainnya. Sayangnya karena baru dibangun fasilitas pendukung seperti lapangan olahraga, taman (buat duduk-duduk / belajar) belum maklum masih tahap pembangunan. Jadi mahasiswa vokasi biasanya sehabis kuliah pada pelarian ke fakultas lain atau ke perpus pusat, jadi jangan heran kalo kelitannya vokasi sepi.

Tapi kalo soal fasilitas belajar, kaya ruang kuliah, lab dll tentunya masih bagus, karena ini gedung baru.

Hmm soal apalagi ya, mungkin yang niat ngekos bisa nyari daerah kukel/kutek yang deket. Kalo yg mau tempat kos dengan akses mudah alias dekat margonda,

bisa cari di daerah kober / pocin. Ya tapi itu harus ngebikun gabisa jalan kaki kaya di kukel/kutek.

Organisasi Mahasiswa

Mahasiswa kalo gak pernah organisasi kayanya gimana gitu, minimal jadi panitia lepas lah.

Kalo di Internal Vokasi ada organisasinya BEM, DPM, HMAdm

Komunitas :

Olahraga >> Futsal , Badminton, Taekwondo, Tenis Meja, Basket

Seni >>> Musik (Kamikasi). Teater, Tari

Setau gue itu yang masih jalan, karena baru didirikan jadi belum banyak. Nanti kan di Info pas kalian ospek / mabim.

Kalo yang eksternal Vokasi aka se UI silahkan klik disini

Saran saya buat calon maba aktuaria gausah ikut organisasi yang terlalu berat (butuh komitmen tenaga & waktu) soalnya pertama kuliah kita berat banyak itungan se Adm vokasi ini jurusan ini paling susah, gak bisa main cabut kuliah. Kedua, jadwal kuliah kita banyak yg sore / malam bahkan hari sabtu, gak sinkron sama fakultas lain, (kegiatan mahasiswa UI biasanya dilakukan sore/malam sehabis jam kuliah atau hari sabtu). Saya ngalamin sendiri soalnya, dan ini fakta dikelas saya. Tapi ikut organisasi wajib hukumnya, ikutlah yang bikin fun bisa ngilangin stress kuliah, atau sekedar panitia lepas. Kalo yg tetap ingin ikut organisasi berat aturlah waktu kalian sebaik mungkin, pasti keduanya bisa berjalan dengan baik.

Mungkin segitu dulu ya yang bisa saya share, kalo yang mau tanya lanjut *kaya ada yg mau nanya aja, silahkan email, twitter, fb dkk. Semoga yang berminat makin berminat, yang disuruh orangtuanya jadi tertarik, yang masih ragu jadi yakin, yang mau coba-coba jadi gak jadi *eh salah ya. Terima Kasih telah membaca blog saya ^^  Mohon Sarannya

Update:
Hai teman-teman, mau update sedikit kalau pas buat post ini saya baru lulus D3 alhamdulillah sekarang sudah lulus S1 dari IBS Trisakti tahun 2014. Kebetulan saya tidak bekerja di dunia Industri Asuransi jadi agak tertinggal perkembangan dunia Aktuaria sekarang, tapi monggo kalo ada yang mau tanya-tanya tetap saya jawab semampu saya. Silahkan kontak kesini ya, email: ts.agustin@yahoo.com atau Line: antin.agustin. terima kasih sudah mampir.
.

83 Comments

  1. irsad ramadhan

    hay kaka aku irsad sbelum yh salam kenal yh ,,kaka aku pengen shering ,aku sangat berminat masuk aktuaria ,tpi aku gk punya besic dimatematika bahkan matematika aku minim sekali ,kaka kn udah terjun diperkuliahan aktuaria tau apa saja yg dipelajari ,,menurut kaka dengan skilll saya yg minim dimatematika apakah akan menjadi batu sandungan bgi saya krna mata kuliah yh semua yh hmmpir semua hitungn dan apakah saya harus mengundurkan niat saya untuk masuk aktuaria ??? mohon masukan yh kak ,mksih byk

    1. Halo Irsad salam kenal, yang penting minat dulu kan, kalo semangat pasti bisa. Soal basic, banyak temen2 saya yg kaya kamu tp mereka bisa jkarena kan diajain lg sama dosennya kalo kita lupa basicnya. M,atematikanya jg tentang keuangan jadi berhubungan sama kehidupan sehari2 dan bisa pakai logika, gak kaya matematiaka teori S1. Walaupun ada yg seperti kalkulus,asal kita pelajari kisi-kisi dari dosen dan rajin ngerjain soal, pasti lulus deh ujiannya. Jadi jangan takut ya, “Your passion is your guide way” Semoga membantu 🙂

    1. Hai Alif, tadinya ada di STAN tp udah ditutup itupun jg D3. Di STMA trisakti ada tapi jurusannya asuransi jiwa itu langsung S1, kalo khusus aktuaria mungkin akan dibuka jika kuotanya terpenuhi, saya sendiri sekarang lanjut ekstensi di STMA Trisakti jur Manajemen Aktuaria.Semoga membantu.

  2. Bastian_ph

    Hanya menambahkan saja, di ITB juga ada program studinya, malah mungkin lebih mendalam filosofinya karena program studinya merupakan program studi S-2 atau Master.

  3. bariqi

    sebelumnya salam kenal dulu yaa kak gua bariqi. gua berminat nih kak mau msk aktuaria,kira2 dapet ga yaa lewat SIMAK UI? hehe dan gua mau nanya nih ka. gua masih bingung sama gelar profesi kak, jd itu kita ikut test trus dapet gelar? atau kita ikut test dan ada bimbinganya juga ky kuliah? dan klo mau ngelanjutuin S1 di UN adm.bisnis kita ikut test lg apa ga? terus gelar kita jadi adm.bisnis yaa?

    mohon petunjuknya yaa kak,sebelumnya makasih yaa 🙂

    1. Halo Bariqi, iya kita ikut test gitu tapi testnya ada banyak mata ujian, kalo semuanya sudah lulus baru dapet gelar profesi.

      Kalo mengenai bimbingan mereka ngga adain, tp ada beberapa konsultan aktuaria yang adain bimbingan untuk test itu dengan biaya tersendiri.

      Kalo lanjut ekstensi S1 ttp harus ikut tes lagi. otomatis gelar D3 jadi gelar S1nya.

  4. bariqi

    sebelumnya salam kenal dulu yaa kak gua bariqi. gua berminat nih kak mau msk aktuaria,kira2 dapet ga yaa lewat SIMAK UI? hehe dan gua mau nanya nih ka. gua masih bingung sama gelar profesi kak, jd itu kita ikut test trus dapet gelar? atau kita ikut test dan ada bimbinganya juga ky kuliah? dan klo mau ngelanjutuin S1 di UI adm.bisnis kita ikut test lg apa ga? terus gelar kita jadi adm.bisnis yaa?

    mohon petunjuknya yaa kak,sebelumnya makasih yaa

    1. Hai Batiwi salam kenal jg. Kalo belajar pasti bisa krn gak seketat jur lain untuk masuknya. Kalo test profesi, kita harus lulus 7-10modul untuk bisa dpt gelar itu. Dalam setahun biasanya diadain 2 kali. Untuk nerusin ke adm.bisnis/niaga memang ada test lagi namanya test ekstensi yg diujiin seinget saya b.inggris, mtk, TPA.

    1. Saran saya dari IPA aja, krn banyak berhubungan sama matematika keuangan biar lebih terasah. Tp IPS jg bisa krn banyak jg yg berhubungan sm akuntansi&ekonomi 🙂 .Kalo dr segi kompetensi & kualitas mungkin di UI ya, tp kembali lg ke kamunya.

      1. faisal muhammad

        permisi nama saya faisal, kak mau nanya ne mungkin mirip sama yang diatas tapi saya masi bingung ne.. misal saya saya masuk aktuarianya ui(aminnnnn) nah itu kan masi d3 nah.. kalo lanjut ke s1 nya gima tuh lanjut belajar ata mulai awal lagi
        atau ada cara lain
        mohon bantuannya mumpung belum penentuan jurusan ne…

  5. bariqi

    oh gitu yaa kak,berarti dalam 1 thn klo kita ikut tes profesi dan kita udh bisa dapet gelarnya yaa? itu klo ikut tesnya harus udh lulus dulu atau pas pertengahan semester bisa ikut tesnya kak?
    terus klo mau nerusin ke adm.niaga saingan tesnya dari vokasi doang atau di gabung sm yg baru lulus SMA kak?

    maaf yaaa bnyak nanya 😀

    1. Biasanya sih butuh waktu 2-3th buat bisa dpt gelar profesi (lulus semua modul). Kalo dipaksain 1 th susah krn modulnya banyak. Ujiannya dalam 1-2 hari kok jd bisa izin kuliah.

      Untuk tes eksensi saingannya ya sama yg udah lulus d3 juga bisa sesama vokasi ataupun dari kampus lain. 🙂

  6. Adi Putra

    kak, mau tanya. saya siswa SMA Kelas XII & tertarik buat ambil aktuaria. untuk aktuaria di UI, apa ada program transfer keluar negeri utk mndapatkan S-1 dari D3? Terus, ada ga beasiswa full buat masuk UI? Trims
    ^^

  7. faisal muhammad

    permisi nama saya faisal, kak mau nanya ne mungkin mirip sama yang diatas tapi saya masi bingung ne.. misal saya saya masuk aktuarianya ui(aminnnnn) nah itu kan masi d3 nah.. kalo lanjut ke s1 nya gima tuh lanjut belajar ata mulai awal lagi
    atau ada cara lain
    mohon bantuannya mumpung belum penentuan jurusan ne…

    1. Halo Pertiwi, Kalo softwarenya khususnya namanya moses, tp saya juga kurang paham mengenai sofware itu karena belum pernah memakainya. Kalo untuk perhitungan manual sebenarnya masih bisa diolah lewat ms.excel saja.

  8. Marzeilla Anindya P.

    Hai Kakak yang disitu.. keren deh artikelnya, pasti kamu kenal sama yang disini jg, Anindya Aktuaria 2010 🙂 hehe, thanks buat artikelnya mau aku share ke adik2 kelas SMA ya. sekarang sudah ikut ujian profesi apa aja kak ? kayaknya harus meet up nih kita, karena mau ada expo campus. Many Thanks 🙂

  9. Nur Aini

    hay ka, saya nur aini, aku dari d3 jurusan asuransi jiwa di STMA ni, baru mau wisuda tahun ini, rencanaya mau lanjut s1 jurusan asuransi jiwa, tapi karena kuotanya sedikit, jadi jarang dibuka kelasnya, mau lanjut S1 aktuari aja jadinya, susah ga ya kalo sambil kerja ?
    soalnya udah di kontrak 2 tahun ni sama perusahaan.
    aku yang lulusan D3 asuransi jiwa ngerasa kalo jurusan ini masi kurang kepake di perusahaan, di perusahaan asuransi jiwa yang di tempatin di bagian undrewriting, klaim, dll justru diisi sama orang yang lulusan dr bidang kesehatan. padahal selama kuliah ya belajarnya lebih k underwriting dan klaim, makanya aku niat banget buat lanjut ke aktuari biar ilmu aku kepake di perusahaan.
    heheh sorry kepanjangan curhatnya

    1. Halo Nur Aini,

      Salam kenal. Aku juga nerusin S1 Ekstensi aktuaria di STMA, Desember ini InsyaAllah Wisuda.
      Kamu lanjut aja ambil jurusan aktuaria, tapi sebelumnya konsultasi dulu sama HRD kamu biar bisa fleksible jam kerjanya. Kalo aku sih dulu ambil yang kelas khusus (kuliah hari sabtu aja) jadi bisa sambil kerja dan Alhamdulillah lancar.

      Kalo soal kepake atau engga itu tergantung kebijakan perusahaan sih. Memang kamu ditempatin di bagian apa? Temen-temenku sih yg lulusan aktuaria banyak yang dibagian underwriting, klaim, aktuaria.

      Kalo belum jelas, silahkan email langsung aja ya ke ts.agustin@yahoo.com, mungkin bisa bantu…

      1. Nur Aini

        waaah aku juga wisuda desember ini, kita barengan yah, hihihi
        aku udah si konsul ke HRD dan HRD setuju banget aku ambil aktuari, jam kerja bisa diseduaikan.
        sekarang ekstensi di STMA kuliahnya selasa kamis sabtu ka, pulang kerja jd harus kuliah, yah namanya juga lagi masa perjuangan ya ka, Semangaaat !!!
        Aku di markom ka, ga kepake sama sekali ka ilmu asuransinya, paling yang kepake matakuliah pemasaran, hihihi.
        sekarang malah lagi jd sekretaris direksi, yasudah lah dimana aja, namanya juga baru D3, hihih.
        sampe ketemu di wisuda tanggal 17 Desember ya ka.

        1. wah barengan yaa,, sampai ketemu kalau begitu 😀

          Hmm di maketing yaa pantesan ngga kepake, yaudah nanti samabil jalan kamu jauin aja buat di mutasi ke divisi lain biar kepake ilmunya, kalo mereka ngga mau yaa terpaksa cari perusahaan lain yang mau terima kamu tapi nanti setelah lulus aja.

  10. Winie

    Ka gimana caranya kalau mau daftar vokasi jalur ppkb UI jurusan administrasi asuransi dan aktuaria? Kalau sekolahnya belum ngedaftar ke UI, gimana cara ngedaftar sekolahnya ka? 🙂

  11. Adinda

    hai kak, mau nanya nih, kakak dulu pas sma jurusannya apa? Saya anak ipa pengen masuk aktuaria, kira2 bakal keteteran atau enggak belajarnya? Soalnya saya baca2 di internet katanya aktuaria harus belajar ekonomi akuntasi gitu2, mohon sarannya ya kak. Terimakasih 🙂

  12. halo kak, mau nanya nih, kakak dulu pas sma jurusannya apa? Saya anak ipa pengen masuk aktuaria, kira2 bakal keteteran atau enggak belajarnya? Soalnya saya baca2 di internet katanya aktuaria harus belajar ekonomi akuntasi gitu2, mohon sarannya ya kak. Terimakasih 🙂

    1. Hai Adinda, saya dulu dari IPA, tidak keteteran kok, kan diajari dulu dasarnya. Dasar akuntansi juga matematika kan jd gausah takut. Sama halnya dengan yg berasal dari jurusan IPS, mereka juga nanti akan ketemu mata kuliah statistik, kalkulus, matematika keuangan. Semua pasti akan diajarkan dasarnya dulu 🙂 jadi tidak usah takut.

  13. citra

    Halo kak. Saya masih kelas 12, pengen lanjut kuliah ke vokasi ui, jurusan administrasi perpajakan, namun setelah saya lihat, adm pjk itu IPS, dan saya jurusan ipa kak,bagaimana ya kak? Apakah mungkin saya bisa masuk?

  14. Kris

    Hallo ka antin
    Mau nanya, saya kan baru lulus kls3, lebih baik ngambil d3 aktuaria di UI atau langsung s1 manajemen aktuaria di STMA trisakti ka?
    Thanks before ka 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *